Buku Tamu

Cara Membuat Text Area

Diposkan oleh revolterdie

Text area adalah tempat untuk menyimpan text tertentu atau tulisan dengan membentuk tempat yang baru baru. Biasanya text area digunakan untuk menyimpan kode-kode HTML ataupun text lainnya agar bisa dicopy oleh para pengunjung web.

Untuk membuat text area tersebut, silahkan anda copy kode di bawah ini:

<textarea name="code" rows="3" cols="60" style="background:#BFFAFF; color:#FF0000; border-bottom: 3px solid #40FF1F; border-right: 3px solid #40FF1F; border-top: 3px solid #FFE900; border-left: 3px solid #FFE900; line-height:1.5em; padding:5px; -moz-border-radius:10px;">&lt;p align=&quot;center&quot;&gt;&lt;textarea name=&quot;code&quot; rows=&quot;10&quot; cols=&quot;30&quot;&gt; Disini tempat anda mengetikkan tulisan anda &lt;/textarea&gt;&lt;/p&gt;</textarea>

Hasilnya seperti contoh di bawah ini:



Text Area dengan HighLight

Ada bentuk lain dari text area, yaitu text area yang dengan tombol highlight. Tombol highlight ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk mengcopy seluruh isi text maupun kode-kode yang ada di dalam text area tersebu, karena dengan sekali klik pada tombol highlight tersebut, maka seluruh text maupun kode-kode yang ada di dalam text area akan dihighlight atau ditandai (diblog) dan tinggal dicopy saja. Fasilitas highlight ini berguna agar dalam proses pengcopyan tidak tertinggal satu huruf pun. Untuk membuat text area dengan highlight ini silahkan anda copy kode HTML di bawah ini:

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">Disini tempat anda mengetikkan tulisan anda</textarea></p></div></form>



Hasilnya Seperti ini :



Penjelasan kode HTML text area dengan HighLight di atas:

Elemen tombol highlight All:

  • <div align="center">  --> kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right.
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()">  --> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi anda jangan merubah tulisan ini.
  • Value="Highlight All"  --> kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan.

Element text area:

  • <p align="center">  -->ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika anda ingin text area anda berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right.
  • <text style="WIDTH: 300px">  -->kata "WIDTH:300px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika anda ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, anda tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: "WIDTH:700px;"
  • HEIGHT: 144px  --> angka "144px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 144 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:160px.
Tulisan cara membuat text area ini by: Dhani Pontianak.
Share |

Blog Archive

 

Langganan Via Email

Twitter icon facebook icon Digg icon Technorati icon facebook icon Delicious icon More share social bookmark service

Flag Counter

Blog Progress
Admin : Revolter Diehard
Blogger From : Indonesia, Jogjakarta
Status Now : Jangan Lupa Komentar and Follow "Blog Progress" ya, Tar Gw Pasti Komentar Balik

Sahabat Blog Progress